Bisnis Kaos Mahasiswa Ala Gary

By sulthan on Tuesday, January 3, 2012

Menjadi pengusaha tidak perlu menunggu  rambut beruban.Berwiraswasta mampu dimulai dari usia berapapun dengan modal yang pas-pasan.Hal itulah yang diresapi benar oleh Marhaindra Gary.Dengan keterbatasan modal awal usaha.Dia mampu menpunyai usaha yang berprofit cukup besar.

Berawal dari kecintaannya terhadap dunia desain,ia memutuskan untuk mendirikan usaha kaos.Pria yang akrab disapa Gary itu merupakan pemilik usaha kaos “UTE”.Memasarkan produknya lewat media blog,Ute berhasil merebut perhatian banyak anak muda untuk membeli merchandise keren dari mereka.

Memulai usaha dengan modal awal Rp1,5 juta,sekarang ia telah mampu mengantongi sedikitnya Rp5-10 juta per bulannya.Angka yang terbilang cukup besar bagi anak muda yang masih berprofesi utama sebagai mahasiswa.

Ditengah kesibukannya sebagai pemilik usaha UTE,mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sriwijaya ini menyempatkan diri untuk berbincang dengan Gelora Sriwijaya di Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan.Berikut petikan wawancaranya:

Kapan mulai usaha?
Tahun 2009,tanggal tepatnya tidak ingat lagi.

Modal awal?
Kalau dikalkulasikan modal awal hanya 1,5 juta.Modal itu berasal dari investor lokal rumahan alias orang tua.Modal itu digunakan untuk bikin kaos dan sablon.

Kemampuan produksi?
Produksi sekarang tergantung stok barang.Kalau barang sudah mau habis baru kita produksi lagi.Sekali produksi biasanya 100-150 kaos,produksi bergantung juga dengan penjualan.Semakin cepat barang habis,semakin cepat juga barang kita produksi lagi.

Proses produksi?
Proses dimulai dari pendesainan .Setelah desain jadi,bahan baku dibeli.Bahan bakunya berupa kaos polos dibeli di Jakarta.Setelah jadi bahan baku dibawa ke Bogor untuk proses penyablonan.Barulah ketika jadi barang dipaket ke Palembang.

Omzet saat ini?
Kalau omzet kotornya ada di kisaran Rp5-10 jutaan.Sedang keuntungan bersih biasanya Rp2-3 juta.Setelah dipotong biaya produksi untung sekitar 20-30% dari biaya produksi.

Harga jual?
Kaos lengan pendek:Rp49.000
Kaos lengan panjang:Rp60.000
Jaket : Rp100.000

Inspirasi nama Ute?
UTE itu singkatan dari Unsri T-shirt Design.Sebelumnya kami membuat UnsriAtion.Perubahan nama itu sebenarnya biar lebih mudah diingat saja.Sebab yang simpel itu biasanya lebih mudah diingat.

Siapa saja yang berkontribusi?
Selain saya,ada Endah dan Fida Mutia.Keduanya dari jurusan Ekonomi.Perbedaannya kalau Endah lebih kepada pengaturan keuangan sedang Fida fokus pada penjualan.

Alasan pilih bisnis kaos?
Karena ingin memanfaatkan kemampuan desain.Selain itu kaos merupakan bisnis yang enggak harus habis dalam waktu tertentu,seperti bisnis makanan.Kalau berbisnis makanan kita dikejar tenggat waktu,sebab jika tidak laku akan basi.Kalau kaos tahan lama dan kalaupun tidak laku bisa dipakan sendiri.Bisnis kaos juga bisnis yang sangat friendly bagi anak muda.

Sistem pemasaran?
Kita memasarkan dengan Cash on Delivery (COD).Kelebihan COD menurut kami karena kita ketemu langsung dengan pembeli jadi kita tahu apa keluhan mereka tentang produk kita.Juga terkesan ramah dan akrab.

Perbedaan kaos UTE dengan kaos lainnya?
Bedanya kita dengan produk kaos lain terletak pada keunikan desain.Produk Ute dikemas dengan cara yang dinamis jadi tidak terkesan formal.Kelebihan kami yang lain kaos kami hanya terfokus pada mahasiswa Unsri.Jadi walaupun pangsa pasarnya kecil namun terfokus dan mampu menghasilkan profit yang lumayan.

Takut ditiru?
Enggak.Kita menganggapi plagirisme dengan santai.Asalkan orang tersebut izin terlebih dahulu silahkan aja ditiru.Toh kalau tentang kaos Unsri jika desainnya sama orang lebih ingat dengan UTE.

Tata cara pembelian?
  1.          Calon pembeli melihat-lihat dulu desain di blog UTE.Klik disini
  2.          SMS ke contact person yang tertera di blog
  3.          Bikin janji ketemuan
  4.          Transaksi
  5.          Pembeli membeli kembali
Impian ke depan?
Kami berharap bisa memiliki kios sebagai tempat display produk di dalam kampus.Saya berharap adanya regenerasi dalam tubuh UTE,sebab saya tidak akan seterusnya berada di UTE.UTE didirikan hanya untuk Unsri jadi kami ingin UTE jadi ikon kaos mahasiswa Unsri.

Saran untuk anak muda lain yang ingin berwirausaha?
Buatlah usaha yang sesuai keinginan hati,lakukan apa yang kalian suka.Jangan langsung mencari profit dan keuntungan berbisnis tapi carilah kesenangan dalam bekerja.Itu yang akan membuat bisnis anda bertahan lama.(azwhite)

Profil diri:
Nama                              : Marhaindra Gary
Tempat,tgl lahir         : Bogor,14 Mei 1991
Pendidikan                   : S1 Teknik Mesin Universtas Sriwijaya
Prestasi                                        
  •         Juara 1 Desain Grafis Universitas Sriwijaya 2009 dan 2010
  •         Juara 1 Pemanfaatan Limbah oleh BEM Univeritas Sriwijaya 2010
  •         Juara 1 Mahasiswa Berprestasi/LKT Fakultas Teknik
Nama Usaha              : UTE
Cita-cita                      : Insinyur teknik mesin
Situs/blog                  : Uteunsri.blogspot.com




Anggota         
  •         Endah
  •        Fida Mutia

"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...