ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN | IF | IF ELSE | IF ELSE IF | SWITCH CASE

By sulthan on Sunday, July 30, 2017

PERTEMUAN 4

Penyeleksian kondisi
Penyeleksian kondisi digunakan untuk mengarahkan perjalanan suatu proses. Penyeleksian kondisi dapat diibaratkan sebagai katup atau kran yang mengatur jalnnya air. Bila katup terbuka maka air akan mengalir dan sebaliknya bila katup tertutup air tidak akan mengalir atau akan mengalir melalui tempat lain. Fungsi penyeleksian kondisi penting artinya dalam penyusunan bahasa C, terutama untuk program yang kompleks.
1.     Struktur Kondisi”if....”
struktur if dibentuk dari pernyataan if dan sering digunakan untuk menyeleksi suatu kondisi tunggal. Bila proses yang diseleksi terpengaruhi atau bernilai benar, maka pernyataan yang ada di dalam blok if akan diproses dan di kerjaan.
Bentuk umun struktur kondisi if adalah:
            If(kondisi)
            Pernyataan;
2.  Struktur Kondisi”if....Else....”
Dalam struktur kondisi if..... else minimal terdapat dua pernyataan.jika kondisi yang diperiksa bernilai benar atau terpengaruhi maka pernyataan pertama yang dilaksanakan dan jika kondisi yang diperikasa bernilai salah maka pernyataan yang kedua yang dilaksanakan. Bentuk umumnya adalah sebagai berikut:
            If(kondisi)
                        Pernyataan-1
               else
                        pernyataan-2

3.  Struktur IF...Else...IF
Logika IF.. Else IF disebut juga IF bertingkat digunakan untuk menangani beberapa kondisi yang berbeda dalam satu rutin pengecekan. Pada logika IF...ELSE IF, statemen pada masing- masing IF akan dijalankanhanya jika kondisi didalam logika IF masing-masing bernilai benar. Pada akhir ELSE IF bisa ditambahkan ELSE saja untuk menangani jika semua kondisi IF dan ELSE IF diatasnya bernilai salah.
Cara penulisan logika IF...ELSE IF pada bahasa C
If(kondisi 1){
Kode yang akan dijalankan jika kondisi 1 bernilai benar;
} else if(kondisi 2){
Kode yang akan di jalankan jika kondisi 2 bernilai benar;
} else {
Kode yang akan dijalankan jika kondisi 1 dan kondisi 2 bernilai salah;
}






4.  Struktur kondisi “Switch....Case....Default...”
Struktur kondisi switch....case....default digunakan untuk penyeleksian kondisi dengan kemungkinan yang terjadi cukup banyak. Struktur ini akan melaksanakan salah satu dari beberapa pernyataan ‘case’ tergantung nilai kondisi yang ada didalam switch. Selanjutnya proses diteruskan hingga ditemukan pernyataan ‘break’. Jika tidak ada nilai pada case yang sesuai dengan nilai kondisi, maka proses akan diteruskan pada pernyataan yang ada di bawah ‘default’
Bentuk umum dari struktur kondisi ini adalah :
Switch(kondisi)
{
case1: pernyataan-1;
break;
case2: pernyataan-2;
break;
......
......
case n: pernyataan-n
break;
default : pernyataan-m
}
TUGAS
SWITCH CASE
Baju = 50.000;
Case1;
  Harga baju adalah Rp.30.000
Case2;
 harga baju adalah Rp.40.000
case3;
 harga baju adalah Rp.50.000

dan seterusnya 

"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...