Apa Itu Kemoterapi Kanker dan Apa Saja Efek Sampingnya?

By sulthan on Tuesday, June 7, 2016

Kemoterapi adalah salah satu metode pengobatan kanker yang sangat populer digunakan di berbagai dunia. Dalam perkembangan ilmu kedokteran, terdapat cara pengobatan lain sebagai pendukung terapi kanker, seperti terapi herbal, akupunktur, prana, meditasi, atau hyperbaric. Namun tidak semua penderita kanker menjalani seluruh terapi ini. Yang paling sering dilakukan adalah kemoterapi.

Istilah ’kemo’ merupakan kata yang terdengar mengerikan bagi sebagian penderita kanker. Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan memakai obat­ - obat khusus yang dapat menghambat dan mematikan pertumbuhan atau perkembangan sel kanker, baik dalam bentuk obat yang diinjeksikan atau diinfus maupun obat minum (obat oral).

Apa itu Kemoterapi Kanker

Sampai saat ini, ilmuwan terus berupaya meneliti masalah kanker. Terdapat beberapa cara terapi kanker dalam ilmu bedah onkologi, yaitu operasi atau pembedahan, radioterapi atau penyinaran, kemoterapi, hormonal terapi, immunoterapi, dan target terapi. Artikel ini akan membahas soal kemoterapi.

Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan zat atau obat yang berkhasiat membunuh sel kanker. Pada LNH (Limfoma Non-Hodgkin), kemoterapi bertujuan membunuh sel limfoma. Kemoterapi tidak hanya membunuh sel kanker, tapi juga sel-sel yang sehat seperti sel rambut, saluran cerna, sumsum tulang, dan sperma. Obat kemoterapi menyebabkan efek samping seperti rambut rontok, mual, muntah, diare, konstipasi, penurunan sel darah merah dan putih, serta infertilitas. Namun, efek tersebut hanya sementara, sekitar 7-10 hari sel kembali normal.

Sebagian besar pengobatan kemoterapi diberikan dengan menginjeksi ke dalam pembuluh baik vena, sebagian kecil dapat berupa tablet/kapsul dan kadang-kadang ada yang diberikan dengan suntik di bawah kulit, serta intratekal (diinjeksikan ke dalam sistem syaraf), tapi jarang yang disuntikkan ke otot. Kemoterapi anti-kanker akan menyebabkan sel kanker serta beberapa jenis sel sehat yang juga sedang membelah atau tumbuh mengalami kerusakan. Namun, sel kanker akan mengalami kerusakan lebih parah dibanding sel sehat.

kemoterapi kanker


Sampai saat ini, belum ada satu pun obat yang dapat hanya mematikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam prosesnya, obat - obatan itu juga mempengaruhi sel - ­sel tubuh sehat yang sedang aktif membelah, sehingga turut serta terkena dampak dari kemoterapi tersebut. Sel - sel aktif membelah/bertumbuh dalam tubuh itu misalnya sel­ - sel darah, sel selaput lendir saluran makanan, maupun saluran pernapasan, sel rambut, dan juga sel - ­sel kelamin (sel telur/ovum dan sel mani/spermatozoa). Itu sebabnya orang yang menjalani kemoterapi mengalami penurunan sel darah yang sering disertai sariawan, diare, rambut rontok, dan warna kuku berubah.

Tetapi kerusakan yang dialami sel­ - sel kanker lebih berat dibanding sel - ­sel sehat di dalam tubuh. Supaya sel badan kita berkesempatan istirahat, maka selang waktu pemberian kemoterapi biasanya dilakukan 3­4 minggu.

Efek Samping Kemoterapi


Kemoterapi memang bukan terapi yang terdengar menyenangkan karena akan timbul berbagai perubahan dan pengalaman yang harus dijalani oleh pasien kanker. Tetapi pasien kanker harus percaya bahwa banyak orang menderita kanker dan harus menjalani ’kemo’ telah berhasil menjalaninya dan mengatasinya dengan tabah. Mereka tetap hidup dan sehat setelah pengalaman dan pengobatan melalui kemoterapi ini walaupun muncul efek samping dari kemoterapi tersebut. Berikut beberapa efek samping yang akan terjadi selama proses kemoterapi adalah :
  • Rasa mual dan muntah yang diakibatkan langsung obat - obat kemoterapi yang dipakai. Rasa mual dan muntah ini dapat disebabkan oleh sisa­ - sisa sel kanker yang mati juga sel - ­sel normal badan kita. Untuk mengurangi akibat mual muntah ini, dapat digunakan obat muntah. Dianjurkan juga untuk sebanyak mungkin minum air agar zat racun semakin cepat dikeluarkan dari tubuh kita melalui air seni. Dianjurkan pula untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Hal ini karena lambung yang penuh lebih mudah/peka untuk terjadinya muntah.
  • Tidak adanya nafsu makan. Namun keadaan ini normal dan akan kembali membaik dalam 3­5 hari. Hal lain yang perlu diingat selama menjalani kemoterapi adalah daya tahan tubuh kita akan turun akibat efek samping kemoterapi. Oleh karena itu, diusahakan menghindari kemungkinan infeksi dari luar seperti jangan banyak bertemu orang atau menerima tamu, banyak
  • minum jus buah, makan sayuran, dan buah segar, serta kurangi makan berlemak yang dapat merangsang mual dan muntah.
  • Efek samping kemoterapi lainnya adalah kerontokan rambut. Kerontokan rambut bahkan sampai botak dapat terjadi selama pemberian kemoterapi. Tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena biasanya dalam 2­3 bulan setelah berakhirnya kemoterapi 6 siklus (selama 4­6 bulan) dengan interval 3­4 minggu, rambut akan kembali tumbuh bahkan menjadi ikal/keriting pada beberapa orang. Selama kerontokan rambut, dianjurkan untuk memakai kerudung, topi, dan dapat juga memakai wig/rambut palsu. Untuk mengurangi kerontokan rambut, dianjurkan memakai minyak perangsang pertumbuhan rambut.

Dalam menjalankan proses kemoterapi, harus punya tekad dan semangat yang kuat. Bagi penderita yang masuk kategori usia produktif tetapi menjalani kemoterapi, tidak ada larangan untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Tetapi perlu diingat supaya jangan sampai hamil. Apabila sampai timbul kehamilan, maka bisa dipastikan anak yang dikandung akan lahir cacat. Hal ini berlaku pula bagi pria yang sedang menjalani kemoterapi supaya menjaga jangan sampai pasangannya hamil.

Selain itu, mereka yang menjalani kemoterapi kadang merasakan nyeri pada semua persendian otot. keluhan ini akan hilang atau berkurang setelah beberapa hari. disarankan agar tabah dan mengingat bahwa obat yang diberikan saat ini sedang bertempur mematikan sel - ­sel kanker dalam tubuh.

"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...