Media Pembelajaran SD Sederhana dari Barang Bekas
Beberapa waktu yang lalu anak saya Alifa kesulitan belajar tentang materi jam (waktu). Saat ini dia sekolah di jenjang SD (sekolah dasar). Nah untuk mempermudah belajarnya, kami membuat media pembelajaran sederhana. Kebetulan di rumah ada bekas kotak sarung bapaknya. Ditambah beberapa bahan penunjang lainnya dan peralatan sederhana, jadilah media pembelajaran untuk SD berupa model jam tersebut.
Untuk menambah minat anak terhadap media pembelajaran sederhana dari barang bekas ini, kita dapat mengajak anak untuk membuatnya dengan bantuan. Karena mungkin untuk beberapa pekerjaan (langkah) mereka masih kesulitan atau berhaya tanpa pengawasan orang tua, apalagi pada anak-anak yang masih sangat mudah. Diharapkan media pembelajaran ini dapat benar-benar membantu mereka membaca jam berdasarkan jarum-jarum yang dapat diputar-putar itu.
Nih lihat, bangganya Alifa menunjukkan model jam yang dibuatnya.
|
Alifa dan media pembelajaran sederhana model jam dari barang bekas |
Alat dan Bahan
Adapun alat-alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat media pembelajaran jam sederhana seperti gambar yang ditunjukkan Alifa di atas adalah sebagai berikut:
Alat
Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- gunting
- lem tembak
- cutter atau pisau
- spidol
- piring atau benda berbentuk lingkaran lainnya
Bahan
Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- Kotak bekas kemasan sarung
- Batang plastik lem tembak
- lem kertas
- Kertas karton berwarna
Cara Membuat Media Pembelajaran SD: Model Jam
- Ambil selembar kertas karton berwarna (Alifa menggunakan karton warna merah).
- Kita akan menjadikannya piringan jam.
- Gunakan piring dan spidol untuk membuat lingkaran, pastikan ukuran piring sesuai dengan ukuran kotak sarung yang digunakan (masuk di dalam kotak/diameternya sedikit lebih kecil dari panjang dan lebar kotak).
- Perhatikan gambar. Alifa dapat melakukan langkah ini tanpa bantuan orang dewasa.
|
menggunakan piring untuk mencetak pola piringan jam |
- Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Tampak sebuah lingkaran (walaupun tak sempurna).
|
ini lingkarannya dengan pola piring tadi |
- Langkah selanjutnya adalah menggunting lingkaran tersebut, yang akan menjadi piringan media pembelajaran jam ini.
|
menggunting pola lingkaran untuk piringan jam |
- Jika lingkarannya sudah dipotong, langkah selanjutnya adalah menuliskan angka-angka pada piringan jam. Tetapi sebelumnya kita perlu membagi sama lingkaran itu menjadi 12 bagian sehingga ketika anak menuliskan angka-angka 1 sampai 12 itu berada pada posisi relatif tepat.
- Caranya adalah dengan melipat-lipat lingkaran itu menurut garis tengahnya. Perhatikan cara alifa melipat piringan karton untuk melakukan ini.
|
lipat piringan untuk memudahkan membagi piringan menjadi 12 titik |
- Selanjutnya berilah titik-titik tempat nanti anak menuliskan angka 1 sampai 12 itu. Lihat gambar berikut. Acuannya adalah bekas lipatan-lipatan kertas. Ada 12 titik yang harus dibuat. Cara mudahnya, lipat beberapa kali supaya bisa menentukan titik dengan posisi yang cukup akurat.
|
menandai titik titik untuk angka jam dengan spidol |
- Berikutnya, kita harus membuat jarum panjang dan jarum pendek. Jarum panjang untuk penunjuk posisi menit, sedangkan jarum pendek untuk penunjuk posisi jam. Gunakan warna yang berbeda untuk karton yang dipakai. Alifa menggunakan warna kuning untuk jarum panjang, sedang untuk jarum pendeknya ia lebih suka menggunakan warna pink.
|
membuat jarum jam dari kertas karton berwarna |
- Bentuk jarum jamnya tidak usah terlalu rumit ya. Perhatikan gambar berikut. Alifa membuat bentuk jarum yang sangat sederhana.
- Jika sudah dibuat, cobalah mencocokkan panjang kedua jarum dengan piringan jam, potong jika terlalu panjang, misalnya kalau ujung jarum menutupi angka pada piringan jam nantinya.
|
mencoba-coba mencocokkan ukuran panjang jarum jarum jamnya |
- Langkah berikutnya adalah membuat lubang di tengah piringan jam. Caranya lipat kembali piringan jam sehingga tampak seperti gambar berikut, lalu potong bagian yang runcing pada lipatan itu.
|
melubangi tengah piringan jam untuk menempatkkannya pada poros jam |
- Sekarang buka lipatan piringan. Lalu tulis dengan spidol angka-angka penunjuk jam dari 1 sampai 12. Hati-hati jangan sampai salah meletakkan angkanya. Ingat, angka 12 ada di posisi paling atas ya. Gunakan spidol untuk menuliskan angka ini pada piringan kertas.
|
menuliskan angka-angka pada piringan jam |
- Piringan jam, beserta kedua jarumnya sudah siap. Sekarang mengurus kotak bekas kemasan sarungnya.
- Pada kotak kita akan membuat poros jam. Gunakan batangan lem tembak ukuran kecil. Potong dengan cutter atau pisau, panjangnya sekitar 2,5 cm. Hati-hati dan bantu anak anda jika ingin melakukannya sendiri seperti Alifa.
|
menyiapkan poros jam dari batangan plastik lem tembak |
- Berikutnya kita akan menempelkan batangan lem tembak tadi ke tengah-tengah kotak sarung untuk menjadi poros jam. Bantu anak melakukannya karena di sini kita menggunakan lem tembak (hot glue gun) yang dipanaskan. Cairan lem yang meleleh dan ujung pistol lem sangat panas dan dapat membuat luka bakar jika terkena kulit. Berhati-hatilah.
|
menempelkan poros jam pada kotak sarung |
- Nah, jika poros jam dari batangan lem tembak sudah dipasang hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.
|
nah..ini dia poros jam nya, sudah menempel dan beridiri tegak di tengah tengah kotak |
- Langkah selanjutnya adalah menempelkan piringan jam media pembelajaran kita. Gunakan lem kertas pada bagian belakang piringan yang telah dibuat (pada bagian yang tidak ditulisi angka). Berikan lem secukupnya pada pinggirin piringan dan beberapa bagian tengah agar kertas ini nantinya benar-benar menempel dengan kuat pada kotak sarung.
|
memberi lem pada belakang piringan jam untuk ditempelkan pada kotak sarung |
- Pasang piringan pada kotak. Posisikan sedemikian rupa sehingga angka 12 ada di bagian yang akan menjadi bagian atas media belajar jam ini. Perhatikan Alifa menempelkan piringan pada kotak sarung pada gambar berikut.
|
menempelkan piringan jam, awas ... angka 12 di atas ya |
- Berikutnya lubangi pangkal dari kertas-kertas yang akan difungsikan sebagai jarum panjang dan jarum pendek dengan gunting. Buatlah lubang yang sedikit lebih kecil dari diameter batangan lem tembak (poros jam).
- Masukkan kedua jarum jam ke porosnya seperti gambar di bawah ini.
|
memasang jarum-jarum jam pada porosnya, dan jam siap dipakai untuk belajar |
Nah, jika sudah dipasang, maka media pembelajaran sederhana dari barang bekas berbentuk jam jam-an mainan ini sudah bisa dipakai.
Tips Menggunakan
- Mulailah dengan mengajarkan jam pada posisi tepat pukul 1, pukul 2, dan seterusnya yang ditunjukkan dengan jarum panjang di angka 12.
- Lanjutkan dengan jam pada posisi lewat 30 menit.
- Barulah jika anak paham, dapat dilanjutkan dengan mengajar mereka membaca jam pada posisi pukul berapapun.
Demikian cara membuat media pembelajaran untuk anak sekolah dasar (SD) berupa media belajar JAM dari kotak sarum bekas dan kertas karton berwarna.