Mengapa Guru Harus Paham Psikologi Pendidikan?
Ah mungkin pertanyaan: Mengapa guru harus paham psikologi pendidikan adalah pertanyaan yang lucu jika ditanyakan kepada Bapak dan Ibu Guru. Bukankah demikian? Yup, tapi memang guru harus memahami psikologi pendidikan. Penting sekali kajian ini untuk terus dipelajari. Nah..nah..ini yang sering dilupakan. Beberapa guru yang malas belajar lagi menjadi ketinggalan. Mereka menjadi out of date karena tidak menyadari bahwa perkembangan psikologi pendidikan begitu pesat. Banyak teori-teori psikologi pendidikan baru menyeruak dan mengantikan teori-teori lama, karena teori-teori baru memang lebih logis dan terbukti secara empiris di lapangan kebenarannya.guru mesti memahami psikologi pendidikan |
Beberapa guru produk lama (lulusan tempo doeloe), yang tidak mempelajari kembali psikologi pendidikan modern masih akan mengira cara-cara mereka melakukan praktik di dunia pendidikan adalah cara yang terbaik. Buktinya, masih banyak praktik di mana guru memberikan hukuman fisik kepada anak; tidak menyadari bahwa ia juga melakukan praktik bully (perundungan) kepada siswanya, dan sebagainya.
Jadi kalau saat ini, ada guru yang malas baca buku-buku keluaran terbaru mengenai psikologi pendidikan, saya mesti bilang gimana... gitu. Hi..hi...
10 Macam Kegiatan yang Memerlukan Pemahaman tentang Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan adalah salah satu landasan yang harus dipahami seorang guru dan juga praktisi pendidikan lainnya. Ada banyak hal di lapangan yang membutuhkan pemahaman kita tentang ini, sebagaimana yang disebutkan oleh M. Dalyono dalam buku Psikologi Pendidikan, 2010, ada 10 paling tidak 10 macam kegiatan yang memerlukan pemahaman akan prinsip-prinsip psikologi pendidikan, yaitu:- seleksi penerimaan siswa baru
- perencanaan pendidikan
- penyusunan kurikulum
- penelitian pendidikan
- administrasi pendidikan
- pemilihan materi ajar
- interaksi pembelajaran
- pelayanan BK
- metodologi mengajar
- pengukuran dan evaluasi