Tips Mengajarkan Perilaku Hidup Sehat untuk Anak

By sulthan on Thursday, June 12, 2014

Tips Mengajarkan Perilaku Hidup Sehat untuk Anak

Anda punya anak di rumah dan ingin mereka memiliki kebiasaan hidup sehat? Silakan ikuti tips berikut ini sehingga membantu mereka mengembangkan kebiasaan hidup sehat sedari dini.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Pertama: Biasakan Cuci Tangan

Sediakan selalu sabun cuci tangan di dekat wastafel atau keran untuk cuci tangan. Aktivitas cuci tangan dapat dilakukan setelah mereka melakukan suatu kegiatan tertentu, misalnya setelah beraktivitas di luar rumah seperti halaman atau kebun. Ajari anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Berikan contoh bahwa mencuci tangan itu memerlukan waktu paling tidak 20 detik atau 30 detik saja. Contohkan pula bagaimana menggosok punggung tangan, telapak tangan, hingga sela-sela jari dan kuku.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Kedua: Memotong Kuku Secara Teratur

Karena anak-anak aktif dan suka memegang benda-benda saat bermain (bahkan saat berada di halaman), maka kuku anak adalah bagian tubuh mereka yang sangat mudah kemasukan kotoran dan kuman. Karena itu, ajaklah anak memotong kuku secara teratur. Agak kuku mudah dipotong, sebaiknya pemotongan dilakukan sesudah selesai mandi, baik sore ataupun pagi hari. Kuku anak dapat dipotong 2 kali seminggu, atau menyesuaikan tergantung kecepatan pertumbuhan kuku yang dapat berbeda-beda pada setiap anak. Beri tahu mereka bahwa kuku yang panjang mudah sekali ditempati kotoran dan kuman yang merupakan sumber bermacam penyakit.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Ketiga: Gosok Gigi Bersama-Sama

Pada malam hari sebelum tidur, aktivitas menggosok gigi secara bersama (ayah, ibu, dan kakak) dapat menjadi aktivitas rutin yang mengasyikkan. Tentu gosok gigi tidak hanya dilakukan pada malam hari menjelang tidur, tetapi juga dilakukan pada saat mandi pagi. Cuma, kegiatan gosok gigi bareng yang mengasyikkan akan membekas dan menjadi kebiasaan yang tidak akan ditinggalkan anak apabila sudah menjadi kebiasaan. Gosok gigi pada malam hari sangat penting karena anak-anak suka sekali makanan yang manis yang dapat menjadi asam karena aktivitas flora alami mulut, yang akhirnya menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Agar gosok gigi anak efektif, gunakan pasta gigi khusus untuk anak. Biarkan mereka memilih sendiri warna dan citarasa (biasanya rasa buah tertentu) yang mereka sukai. Gunakan juga sikat gigi khusus untuk anak dengan bulu yang lembut.

Teruskan Membaca »

"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...