7 Hal Gratis yang Menentukan Kesuksesan Anda

By sulthan on Thursday, March 8, 2012

Nganar.com,Motivasi Berbicara tentang kesuksesan memang menjadi topik yang menarik bagi kita.Hampir semua kita pernah membaca buku-buku tentang kesuksesan.Berbagai seminar motivasi pun sering kita kunjungi dengan harapan mampu mengubah kesusahan selama ini menjadi kesuksesan yang luar biasa.


Kenyataannya kita masih di tempat yang sama seolah kesuksesan semakin dikejar semakin menjauh.


Namun tahukah anda bahwa anda tidak perlu menghadiri berbagai macam seminar yang menghabiskan budget itu? Sebab sebenarnya ada 7 hal gratis yang menentukan kesuksesan anda.

Berikut adalah 7 hal gratis yang menentukan kesuksesan anda:
1. Ide
Ide adalah sesuatu yang dahsyat,bernilai dan sekaligus menemukan kesuksesan anda.Bahkan semua produk yang kita nikmati sekarang berawal dari ide-ide cemerlang.Ide juga mampu menjadi tambang emas bila anda mampu menggunakannya dengan baik.Bermodal ide membuat pencarian lebih mudah,Google menjadi raksasa internet.Keinginannya untuk menghubungkan orang lain membuat Mark Zuckerberg menjadi sosok termuda yang menjadi miliarder dalam sejarah.Ide jua yang membuat Hendy Setiono mengekspor kebabnya hingga ke luar negeri.


Lalu bagaimana cara mendapatkan ide cemerlang yang menuntun pada kesuksesan?
a.  Pengamatan
Hobi mengamati menolong anda untuk mendapatkan ide-ide baru.Perbedaan orang besar dan orang kecil hanya orang besar peduli pada detail yang diabaikan orang lain.Jutaan orang telah melihat apel yang jatuh tapi hanya Isaac newton yang bertanya,"Mengapa?"


b. Menyimak
Menyimak pembicaraan orang lain cepat mengisi pikiran kita dan mampu dengan segera menghasilkan ide-ide baru yang siap diterapkan.


c. Tiru dan modifikasi ide orang lain
Thomas Edison mengaku dari ribuan karyanya hanya homograf yang murni berasal dari pemikirannya.Sedang penemuan yang lain seperti lampu dsb merupakan ide-ide orang lain yang tidak mampu diterapkan oleh pemiliknya dengan baik.Ia hanya menyempurnakannya.


d. Bermain
Bermain juga mampu menghasilkan ide selama itu merupakan permainan yang menuntun kdan mendorong anda untuk mencoba hal-hal baru.


e. Membaca dan menulis
Salah satu kelemahan orang Indonesia yang menyebabkan kit sulit berkembang adalah lemahnya daya baca apalagi daya tulis.Padahal membaca dan menulis adalah cara paling hebat untuk mendapatkan ide cemerlang.Mulai sekarang rajinlah membaca dan perbanyaklah kegiatan menulis.Maka ide cemerlang anda akan datang dengan sendirinya.

2. Kesempatan
Kesempatan boleh jadi merupakan hal yang paling sering jadi kambing hitam atas buruknya kehidupan seseorang.Banyak orang menganggap alasan ia tidak sukses sekarang karena ia tidak diberi kesempatan.Padahal kesempatan selalu ada pada kita bahkan tanpa kita sadari.Kesempatan adalah pelengakap ide-ide,sebab ide memerlukan kesempatan untuk bisa diwujudkan.


Dengan kata lain, ide sebagus apapun tidak ada menfaatnya jika kita tidak bisa melihat kesempatan apapun untuk mewujudkannya.

Cara mendapatkan kesempatan:
- Mulailah memanfaatkan kesempatan kecil
- Lakukan perbaikan-perbaikan kecil
- Menjadi pengamat yang terlatih
- Berinisiatif
- Memiliki kebiasaan yang baik

3. Cita-cita
Cita-cita adalah sesuatu yang mutlak anda perlukan jika ingin sukses.Cita-cita menentukan arah dari perjalanan hidup kita,dari mana kita ingin memulai dan dimana kita ingin sampai semua tercetak jelas jika kita memilik cita-cita.


Banyak hal yang kita nikmati sekarang ini merupakan cita-cita orang sebelum kita.Dulu kemerdekaan merupakan cita-cita yang paling ingin dicapai oleh setiap penduduk Nusantara.Perjuangan keras pun dilakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.Bandingkan dengan masa sekarang ketika bangsa kita kehilangan cita-cita.Ada dimana kita?

Beberapa manfaat memiliki cita-cita:
> Cita-cita memberi anda harapan
> Cita-cita memberi anda semangat
> Cita-cita memberi anda fokus
> Cita-cita menuntun rencana dan keputusan anda
> Cita-cita mampu menjadi tolak ukur kemajuan anda
> Cita-cita memberi anda tantangan
> Cita-cita mendorong anda menggali potensi terbaik yang anda miliki


4. Rencana
If you fail to plan,you plan to fail.Barangkali ada benarnya juga pepatah itu.Sebab jika anda gagal membuat rencana,anda merencanakan kegagalan.Sebab rencana yang baik kemungkinan besar akan mendatangkan hasil yang baik pula.Tanpa rencana,siap-siaplah hidup sebagai orang biasa.

Cara merancang rencana yang baik dan mewujudkannya?
-  Tulis cita-cita anda
-  Buat rencana untuk mewujudkan cita-cita anda
-  Tentukan skala prioritas
-  Beri tolak ukur per satuan waktu
-  Konsisten
-  Komitmen
-  Disiplin menjalankan rencana anda


5. Semangat
Semangat dapat diibaratkan sebagai BBM yang mendorong anda untuk terus maju.Semakin banyak BBM yang anda miliki,semakin besar pula kemungkinan anda sampai ke tempat tujuan.Keberhasilan amat ditentukan dari seberapa besarnya semangat anda.Semangat bisa dianggap sebagai hasrat melakukan sesuatu.Mau lihat seberapa besar pengaruh semangat datanglah ke gelanggang olahraga.Disitu anda akan melihat seberapa besar pengaruh supporter yang memeberikan semangat bagi tim kesayangannya.

6. Mental
Mental adalah watak yang melekat pada seseorang.Mental sering dikaitkan dengan keberanian menghadapi untuk melakukan sesuatu.Mental juga merupakan hal yang gratis yang menentukan keberhasilan seseorang.Untuk menjadi sukses seseorang harus memilik mental yag kuat.

Mental yang kuat membuat seseorang mampu bertahan dalam kondisi-kondisi yang paling sulit sekalipun.Sering kita melihat keajaiban-keajaiban itu semua tidak terlepas dari kekuatan mental seseorang.

Cara melatih mental agar menjadi seseorang yang kuat dalam mengarungi perjalanan menuju kesuksesan :

  • Menghadapi tantangan
  • Menghadapi kegagalan
  • Menghadapi kesulitan
  • Menghadapi kritik
  • Menghadapi penolakan
Hal tersebut akan melatih mental anda menjadi sekuat baja dan mampu menghadapi kesulitan apapun yang membuat orang lain mundur.

7. Sahabat
Tidak ada namanya kesuksesan yang 100% dilakukan oleh seseorang.Betapapun hebatnya anda,anda tetap tidak akan mencapai kesuksesan sendirian.Selalu ada orang di balik layar yang berperan sangat besar dalam kesuksesan anda.Orang-orang yang selalu ada di saat anda jatuh dan terpuruk yang memberikan semangat dan uluran tangan mereka kepada anda.Itulah sahabat sejati.

  • Keuntungan memiliki sahabat sejati:
  • Ada saat anda gagal dan putus asa
  • Mengubah keterbatasan anda menjadi ketidakterbatasan
  • Rela berkorban demi anda
  • Menerima anda apa adanya
  • Memberi anda semangat
  • Memberi anda ide
  • Menghargai pencapaian anda
  • Membantu memaksimalkan potensi diri anda
Itulah tadi 7 hal gratis yang menentukan kesuksesan anda.Semoga bermanfaat dan mengispirasi anda.(nganarcom)


"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...