Deddy Mizwar

By sulthan on Monday, September 12, 2011

Deddy Mizwar
Laki-Laki
Islam
Jakarta, 05 Maret 1955

Deddy Mizwar, lahir di Jakarta, 5 Maret 1955. Ia pertama kali terjun ke dunia film pada 1976, dengan membintangi film CINTA ABADI arahan sutradara Wahyu Sihombing.

Deddy yang pada 1986 pernah terpilih sebagai aktor terbaik dengan meraih empat Piala Citra sekaligus dalam FFI 1986 dan 1987 itu memilih profesinya di bidang teater, dan melepaskan pekerjaannya sebagai pegawai negeri pada 1976.

Sampai kini, Deddy tercatat telah membintangi 73 judul film, dan berkali-kali meraih penghargaan Piala Citra baik sebagai peran utama maupun peran pembantu. Film-filmnya di antaranya, ARIE HANGGGARA, NAGA BONAR, KEJARLAH DAKU KAU KUTANGKAP, OPERA JAKARTA, SUNAN KALIJAGA, SYECH SITI JENAR dan KUBERIKAN SEGALANYA.

Melalui rumah produksi PT Demi Gisela Citra Sinema yang didirikannya pada 1997,Deddy memproduksi sejumlah sinetron dan film. Di antaranya, MAT ANGIN, SANG PENGEMBARA, LORONG WAKTU, KIAMAT SUDAH DEKAT dan PARA PENCARIMU. Dalam ketiga sinetron itu, Deddy juga berperan sebagai pemain utama. Sementara versi film layar lebar KIAMAT SUDAH DEKAT menjadi debut pertama filmnya setelah perfilman nasional 'mati suri'.

Film yang dibintangi anaknya Senandung Nacita, si vokalis band Stinky, Andre Stinky,Ayu Pratiwi dan juga didukung Dewi Yull dan Chintami Atmanegara ini mencoba mengingatkan penonton agar tidak terlena dengan kehidupan duniawi. Selain itu Pak Haji, demikian biasa disebut ingin menyumbangkan karyanya di saat industri film di tanah air sedang mengalami semangat kebangkitan.

Deddy kemudian memproduksi sekuel NAGA BONAR JADI 2 (2007) yang juga berhasil menjadi film terbaik FFI 2008 dan sekaligus mengantarkan dirinya sebagai Aktor Terbaik. Selain itu, film yang juga dibintangi Tora Sudiro itu juga berhasil menajdi Film Terfavorit dan Aktor Terbaik di Indonesian Movie Award (IMA) 2008.

Deddy sendiri adalah suami Giselawaty Wiranegara, perempuan yang pertama kali ditemuinya saat bersama membintangi film MISTERI JAIPONG (1981). Dari perkawinan tersebut Deddy dikaruniai dua orang anak, Senandung Nakita dan Zulfikar Rakita Dewa.

Akhirnya, Deddy mengikuti jejak rekan-rekannya sesama artis yang terjun di dunia politik. Berbeda dengan rekan artis lain yang maju sebagai calon legislatif terlebih dahulu,Deddy memilih untuk maju sebagai calon presiden pada bursa Pemilu 2009.

sumber : http://selebriti.kapanlagi.com/indonesia/d/deddy_mizwar/



« back to PUMA ORGANIZER N' ARTIST MANAGEMENT

Follow This Blog

"what is internet in hindi" || internet kya hai (in hindi)

What is internet in hindi ||history of internet in hindi "What is internet in hindi", today we all are trying to know about what i...